SMK Panca Bhakti dan Ikarismam Juarai Lomba Takbir Idhul Adha 1440 H

Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin, S. Pd., M. Pd, melepas peserta takbir keliling Idhul Adha 1440 H

 

DS – Juara 1 untuk kategori pelajar lomba takbir Idhul Adha 1440 H diraih oleh SMK Panca Bhakti, juara 2 diraih oleh MTs N 2, dan juara 3 diraih oleh MAN 2. Sementara untuk kategori umum juara 1 diraih oleh Remaja Masjid Al Munawwaroh IKARISMAM, juara 2 Remaja Masjid Al Huda Kutabanjarnegara, dan juara 3 Musa Gemuruh. Demikian disampaikan ketua Dewan Juri Lomba Takbir Idhul Adha, Saefudin Zuhri, Sabtu malam (11/08) di panggung utama.

“Hasil ini merupakan akumulasi nilai dari lima juri. Unsur yang dinilai yaitu kefasihan, lagu, kerapihan, dan keutuhan. Pada lomba takbir ini, selain juara 1 – 3, dipilih juga juara harapan 1 – 3” katanya.

Kabag Kesra, Teguh Handoko, dalam laporannya mengatakan jumlah peserta lomba takbir keliling 1440 H ada 13 peserta. Jumlah itu terdiri dari 6 peserta pelajar, dan 7 peserta kelompok umum. Sedangkan, untuk hadiah kejuaraan, imbuhnya, juara 1 pelajar maupun umum menerima hadiah satu paket Al Qur’an dan uang pembinaan sebesar Rp 2 juta. Juara 2 paket Al Qur’an dan uang pembinaan Rp 1,75 juta, juara 3 menerima paket Al Qur’an dan uang pembinaan Rp 1,5 juta.

“Juara harapan 1 – 3, masing-masing menerima paket Al Al Qur’an dan uang pembinaan Rp 750 ribu. Dan bagi setiap peserta diterimakan uang sebesar Rp 250 ribu sebagai ganti ongkos transport” katanya.

Hadiah kejuaraan diserahkan oleh Sekda yang sekaligus merupakan ketua umum PHBI selaku penyelenggara kegiatan, disusul tamu undangan lainnya.

 

Sekretaris Daera Kabupaten Banjarnegara Drs. Indarto, M. Si, menyerahkan hadiah kepada juara 1 kategori umum kejuaraan Takbir Idhul Adha 1440 H

 

Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin saat membuka kegiatan ini menyampaikan, takbir keliling merupakan wujud syukur umat Islam merayakan hari besarnya. Karena itu, Dia mengingatkan agar kegiatan takbir ini dilakukan dengan penuh suka cita. Alangkah baiknya apabila kegembiraan ini tidak hanya dirasakan oleh umat Islam saja namun dapat berbagi pula pada umat lain. Hal ini mengingat masyarakat kita yang heterogen.

“Takbir Keliling membawa suka cita tidak hanya untuk umat islam tetapi juga untuk masyarakat luas. Ini merupakan perwujudan islam sebagai agama yang rahmatan lil’alamin,” tuturnya.

Syamsudin berpesan kepada warga Banjarnegara untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan serta kerukunan.

“Besar harapannya melalui penyelenggaraan takbir keliling ini dapat mempererat tali silaturahmi dan memperkokoh kebersamaan” katanya. (*_eko/amar/ed DS)

Sumber : DERAP SERAYU KABUPATEN BANJARNEGARA