22 Korban Bencana Terima Bansos

DS – Sebanyak 22 orang korban bencana di Banjarnegara menerima bantuan sosial (bansos) dari Pemkab Banjarnegara. Bantuan diserahkan oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Senin siang (15/04) di Gubug Elwasi (Eling-Waspada-Siaga), Kompleks Kantor BPBD Banjarnegara. Bupati Budhi Sarwono berpesan kepada penerima bantuan untuk memanfaatkan bantuan tersebut sesuai peruntukkannya.

“Bantuan ini hanya stimulan, mohon disyukuri dan manfaatkan dengan baik untuk membantu memperbaiki rumah Saudara, jangan dibelikan barang yang tidak semestinya,” katanya.

Bicara soal bencana, imbuhnya, siapa yang mau terkena. Namun bagi mereka yang terkena bencana, bersabarlah dalam menghadapinya, karena musibah adalah ujian dari Allah.

 

Kepala Pelaksana BPBD, Arief Rahman mengatakan, jumlah yang menerima bantuan sebanyak 22 orang berasal dari Kecamatan Puggelan, Susukan, Purwareja Klampok, Pagentan, Banjarnegara, Banjarmangu, Pagedongan, Kalibening, Bawang dan Batur.

“Bantuan ini diperuntukkan bagi warga yang terdampak langsung bencana di kecamatan tersebut,” kata Arif Rahman.

Adapun jenis bencananya meliputi kebakaran, angin kencang, tanah longsor, gerakan tanah, dan 1 korban yang tertimpa kerangka baliho di Batur.

“Untuk nominalnya bervariasi dari 2 juta sampai dengan 10 juta, total bantuan yang diberikan Rp. 93 juta untuk 22 penerima,” katanya.

 

Untuk korban yang menerima nominal Rp. 10 juta antara lain korban gerakan tanah di Desa Majatengah Kecamatan Banjarmangu sebanyak 4 orang, dan 1 orang dari Desa Kebutuhjurang Kecamatan Pagedongan.

“Rumah mereka rusak parah, sehingga butuh perhatian khusus,” katanya. (Muji Pasetyo_dinkominfo banjarnegara / ed DS).

Sumber : DERAP SERAYU KABUPATEN BANJARNEGARA